OSS adalah media penyelenggaraan perizinan berusaha online melalui web dan atau applikasi smartphone. Dalam PP 24..."/>

Pelayanan Perizinan Berusaha melalui OSS

Terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, secara automatis pengajuan perizinan berusaha yang dulunya melalui DPMPTSP sekarang berdasarkan peraturan tersebut harus melalui OSS (Online Single Submission). OSS adalah media penyelenggaraan perizinan berusaha online melalui web dan atau applikasi smartphone. Dalam PP 24 tersebur juga telah terjadi penyederhanaan jenis perizinan yang serta merta menjadi acuan lembaga kementerian dan non kementerian serta daerah dalam penerbitan perizinan.

OSS dapat diakses melalui www.oss.go.id

Pelaku Usaha wajib memiliki email untuk mendapatkan User ID dan Password OSS. Pendaftaran dilakukan pada menu "dafar" dihalaman website OSS, kemudian pelaku usaha akan mendapatkan user id dan passwor dan melanjutkan mengajukan perizinan berusahanya melalui menu "login". Perizinan berusaha yang akan didapatkan melalui OSS antara lain : NIB (Nomor Induk Berusaha), Izin Usaha dan Izin Komersial/Operasional.

Pengajuan izin menggunakan OSS tersebut dapat dilakukan pelaku usaha dimanapun berada atau dengan datang ke DPMPTSP untuk didampingi oleh petugas yang telah ditunjuk. Demikian sekilas info singkat terkait pengajuan perizinan berusahaan berdasarkan PP 24 tahun 2018. semoga bermanfaat, mempermudah kegiatan berusaha serta meningkatkan keinginan berinvestasi baik Penanaman Modal Dalam Negeri, maupun Penanaman Modal Asing.


Share this post